Disdik Kota Tasikmalaya Kuatkan Pendidikan Bahasa Sunda Dalam Kurikulum Muatan Lokal

Tasikmalaya, Duta Priangan – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Ir. Hj. Ely Suminar, M.P dalam kata sambutan pembukaan kegiatan Program Pengembangan Kurikulum Bidang Pembinaan Sekolah Dasar dengan tema Sosialisasi Penetapan Kurikulum Muatan Lokal (Mulok) mengarahkannya kepada penguatan Bahasa Sunda sebagai Bahasa Ibu dan hal ini harus mendapat perhatian serius bidang pendidikan dasar yang ada di lingkup Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Kegaiatan yang berlangsung dua hari di Galunggung Meeting Room, Horison Hotel Tasikmalaya, Rabu-Kamis (15-16 Maret 2023) tersebut telah diikuti oleh 27 guru sekolah dasar utusan dari tiap KKG di lingkup Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Hadir sebagai Nara sumber, Kadisdik Kota Tasikmalaya, Kabid PSD pada Disdik Kota Tasikmalaya, Indra Risdiyanto, S.T, dari Praktisi Budayawan, Tatang Pahat, S.Sn, Drs. Didin Sahidin, M.H dan H. Tatang Hardiana, S.Pd., M.Pd dari Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Disdik Kota Tasikmalaya, dan Nara Sumber lainnya, Leli Salimatul Hapsah, M.Pd, dan Ema Astri Muliasari, S.Pd.

Dipaparkan koordinator Nara sumber kegiatan, Drs. Didin Sahidin, M.H, “Selama dua hari ini para peserta mendapat pemaparan materi mulai dari sisi kebijakan pemerintah (Kemendagri, Kemendikbud, Pergub dan Perwalkot) tentang Kurikulum Muatan Lokal dan pelestarian seni budaya lokal, dalam hal ini pemantapan Bahasa, Seni dan Sastra Sunda harus menjadi perhatian pendidikan dasar kita dan pintu masuknya adalah Kurikulum Muatan Lokal ini,” ujar Didin.

Didin berharap, out put dari kegiatan ini selain akan meningkatkan prestasi di bidang bahasa, seni dan budaya Sunda juga utamanya penanaman sejak dini agar para peserta didik kita lebih mencintai bahasa ibunya yakni Bahasa Sunda. (AA)

Sumber: https://dutapriangan.co.id/disdik-kota-tasikmalaya-kuatkan-pendidikan-bahasa-sunda-dalam-kurikulum-muatan-lokal/